Tuesday, October 28, 2014

PASANG VGA PC DI LAPTOP ..!!

sebenarnya ini bukan teknologi baru namun hanya karena baru sedikit orang yang mengetahuinya trutama orang yang hidup di indonesia ,
sebenarnya VGA pc bisa saja di "pasang"  di laptop walaupun kata psang tersebut sebenarnya kurang tepat karena yang sebenarnya terjadi adalah vga pc terhubung ke laptop melalui sebuah adapter yang di desain khusus untuk itu adapter tersebut memiliki banyak tipe tetapi biasanya orang2 menyebutnya eGPU adapter, sebenarnya banya vendor yang sudah mengeluarkan alat ini contohnya saja VIDOCK tetapi menurut saya harganya cukup tinggi nah karena itulah produsen spesialis adapter dari taiwan membuat versi murahnya bahkan performanya kadang lebih baik lo..!!
kalau yang saya pakai sih PE4L 2.1b dari hwtool.net

syarat laptop yang dapat di colok adapter ini yaitu mempunyai express card slot atau kalau tidak ada bisa menggunakan slot wifi card yang ada di laptop tetapi laptop harus di buka dahulu agar bisa mengakses slot wifi card tersebut



Pemasangan

cara pasangnya lumayan simple. laptop pertama2 harus dalam keadaan standby (sleep mode kalo di windows 7). VGA card udah dicolokin ke LCD monitor, trus nyalain DIY ViDock lewat SWEX switch. pas udah nyala baru colokin PE4L nya ke express card slot yg ada di laptop. selanjutnya tinggal resume laptop. pas laptop nyala, windows 7 bakal detect hardware baru dan minta driver. abis tu tinggal install driver VGA card, beres dah.

Device Manager error 12: cannot allocate resources
sempet frustasi pertama kali pasang DIY ViDock gara2 error 12. artinya sistem yg pake RAM lebih dr 2Gb ga punya alokasi BIOS ngosongin 256mb PCI utk ngehost VGA card. harus kosongin 256mb dengan cara copot satu slot RAM, jd tinggal pake 2Gb. sbnrnya masi mungkin pake 4Gb tp harus ada PCI reallocation. cuman ane blm ngerti.


Jenis2 Adapter DIY ViDock
Sebenernya ada beberapa macem jenis utk adapter DIY ViDock. untuk saat ini udah ada 2 macem yg sering dipake. yaitu PE4L dan PE4H.

- PE4L menggunakan bus PCI Express 1.0 x1

- PE4H dapat menggunakan bus PCI Express 1.0 x1 dan PCI Express 1.0 x2 (dengan menggunakan 2 adapter yaitu ExpressCard adapter dan mPCI-e adapter terhubung kepada PE4H, info: Performance: pci-e scaling analysis at x16, x2 and x1 speeds). performa x2 lebih tinggi dibandingkan x1, karna bandwidth yg dikeluarin lebih besar (info produk: PE4H)


bagi pengguna laptop yang sudah memiliki processor intel generasi ke 2 yaitu sandy bridge (contoh i5 2450m) dan mempunyai integrated VGA intel HD3000 sudah bisa menggunakan fitur optimus apabila anda berencana menggunakan VGA dari Nvidia (seri 4 keatas) 
nah .. kerenny kalau menggunakan fitur optimus ini yaitu 
1. gak perlu pakai lcd external lagi jadi bisa langsung di jalankan di layar laptopnya :)
2. untuk aplikasi/ game yang pakai direcx 10 bisa dapet peningkatan performa sampai 300%
3. bisa mengambil potensi dari vga pc sampai 80% 
bersambung


12 comments:

Klw laptop yang udah ada dua graphic, graphic on boad n extended bisa gak?

bang kira -kira harga vidock berapa ya

ini bebas yahh bro,bisa di pasang vga apa ajah sesuai dengan kecepatan processor

ini bebas yahh bro,bisa di pasang vga apa ajah sesuai dengan kecepatan processor

aaaaaaaaaaaaaaaaa BELI DONGK

gan pake VGA N450GTS bisa gk , klo bisa gw langsung beli

Post a Comment